Ini Alasan Kenapa Clickbait Penting

Digital Marketing

ideapa.id — Clickbait merupakan sebuah teknik dari membuat sebuah judul atau thumbnail yang menarik. Clickbait sudah cukup lama beredar di dunia maya, baik media sosial ataupun youtube. Banyak netizen yang tertarik untuk melihat isi dari konten yang di sajikan karena judul yang unik atau gambar yang menarik.

Lalu bagaimana memaksimalkan clickbait untuk jualan lewat digital marketing?

Pelajari segmen pasar Anda dan trend yang sedang terjadi di dunia maya. Sebagai contoh sekarang sedang trend berita pemilu, lalu buatlah konten yang berisikan pemilu dengan mengubah sedikit isi pemilu untuk hal yang ‘nyeleneh’. Ini adalah hal yang dilakukan Nurhadi Aldo. Mereka menjadi paslon nomor 10 pada awalnya dengan membuat postingan yang sedikit berbeda dari yang lain. Tujuan mereka sebenarnya untuk menenangkan kondisi pilpres yang sedang panas, namun mereka juga menjual kaos pasangan calon nomor 10 Nurhadi-Aldo. Dengan cara itu maka mereka dapat menghasilkan penghasilan yang lumayan.

Kali ini Admind akan membagikan tips untuk membuat postingan clickbait sederhana yang sudah sering digunakan oleh digital marketer lainnya. Berikut ini adalah tips-tipsnya.

1. Gunakan Kata ‘JANGAN’

Kata “Jangan” merupakan sebuah kata yang bersifat negatif. Namun, kata ini dapat digunakan sebagai salah satu strategi digital marketing juga loh. Menurut psikologi kata “jangan” akan menstimulasi otak kita untuk mencoba melakukan hal tersebut. Contohnya “Jangan lihat sebelah kiri kalian”, kalian malah melihat sebelah kiri kalian. Dengan mempelajari hal tersebut maka kalian bisa menggiring orang untuk melihat produk Anda atau pula promo Anda.

Dengan mengetahui trik dari kata ‘jangan’ maka Anda dapat menggiring orang untuk melakukan hal yang Anda inginkan karena mereka tertarik dengan apa yang dilarang oleh Anda. Hal ini merupakan salah satu cara “clickbait” untuk menarik pengunjung digital asset kamu.

2. Gunakan Kata ‘AWAS’

jasa digital marketing

Nah ini nih, yang sering sekali digunakan. Kata Awas berarti untuk memperingati seseorang agar berhati-hati yang artinya sama dengan kata’ waspada’. Sering sekali kita melihat judul konten dengan kata awas dan tak sedikit yang membuka konten tersebut karena judul dengan kata awas maka kita akan memikirkan apa yang diperingati oleh konten tersebut. Contohnya: “Awas Ini bahaya kalau lupa tanggal 15 April” dan isinya adalah promo Anda pada tanggal 15 April.

Clickbait Positif atau Negatif?

Positif kalau digunakan secara tepat tanpa melakukan “over-promises” dan “under-delivers”. Over-promises adalah memberikan harapan yang berlebihan kepada pengunjung sehingga isi konten tidak sesuai dengan ekspektasi dari pengunjung. Lalu under-delivers adalah ketidak sesuaian antara judul dengan isi konten. Kedua hal ini adalah salah satu faktor dari meningkatnya ‘bounce-rate’ tapi memberikan impression yang tinggi.

Dengan mempelajari clickbait maka Anda dapat menggunakannya untuk menarik konsumen dengan segmen tertentu untuk membuka atau melihat konten Anda. Bahkan bisa sampai menjual produk Anda juga.